jump to navigation

Nolan N43 Air – review October 4, 2011

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , , , ,
trackback

Testnya adalah touring ke Puncak yang menempuh jarak 190 km pp, dan kondisi cuaca yang cukup bervariasi, mulai dari sejuknya pagi, panasnya siang, dingin di puncak dan bahkan hujan. Kondisi2 tersebut bisa dikatakan cukup menantang buat helm Nolan N43 Air. Lalu bagaimana hasilnya?

Untuk ukuran, sewaktu di toko, nubi sudah test dengan ukuran L dan XL, dan nubi merasa sangat pas dengan ukuran XL ini, dan memang sepanjang perjalanan nubi merasa sangat nyaman, tidak ada moment gejala helm yang terlalu ketat atau terasa longgar, pas sepanjang perjalanan.

Untuk sirkulasi udara? Disinilah menurut nubi helm ini unggul, bahkan pada full-face mode pun helm ini tetap terasa nyaman. Sirkulasi yang baik ini didukung oleh adanya 5 air outlets, 1 air intakes diatas depan, 2 air intakes diatas bagian belakang dan 2 exhaust di bagian belakang batok helm. Khusus yang terakhir, lebih diperuntukkan untuk melepas udara didalam helm, sehingga memungkin terjadinya sirkulasi udara yang baik dan terus menerus.

Mau lebih merasakan udara terbuka? Coba seperti yang nubi lakukan ini, menjelang perjalanan menanjak ke Puncak, nubi melepas chin guard (half face mode: ON), semua air intakes dalam posisi terbuka, mengangkat shield bening keatas, dan memasang sunscreen, maknyusss, segar sekali. Sensasi yang sulit didapat jika nubi memakai helm full face.

Safety, safety, safety

Untuk chin guard, meskipun bagian luar dilapisi plastik, tapi didalamnya dilengkapi kaitan stainless steel, dan chin guard ini lulus test full-face helmet dengan European standard ECE-22.05. Jadi secara keseluruhan, helm ini certified already untuk ECE 22.05 dan DOT. Permisi kutip:

“Helmets certified to the ECE 22.05 standard are approved for competition events by AMA, CCS, FIM, Formula-USA and WERA and are chosen by nearly every professional motorcycle racers competing in world championship road racing, motocross and off road events, including the ultimate sport of Moto GP.  Helmets that are certified to both DOT and ECE 22.05 offer the highest level of realistic protection with the added benefit of light weight for day-long comfort and rider performance.” 

Untuk kunci, helm N43 keluaran terakhir memakai sistem pengunci yang berbeda dengan N43 keluaran sebelumnya. Nolan menamakan sistemnya dengan Microlock® (adjustable quick-release) retention system, sistem ini berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan Double D Ring. Sistem yang baru ini jauh lebih memudahkan penggunanya untuk mengunci helm dan tetap aman. 

Ada fasilitas tambahan lain yang sudah stand by di N43 Air ini, antara lain, Pinlock®antifog ready dan N-COM communication system ready. Khusus untuk N-COM ini akan nubi bahas di lain artikel.

Secara singkat, nubi amat sangat puas dengan helm ini, imho termasuk helm paling nyaman yang nubi pernah pakai, baik untuk touring maupun harian. Dan fakta bahwa helm ini juga memenuhi 2 standar safety adalah bonus yang tidak merugikan sama sekali. Kalau ada yang disayangkan adalah, helm ini tidak punya sertifikasi “SNI”… ;p

Semoga berguna.

Baca juga: Nolan N43 Air – 1 helm 2 gaya

Patut dicatat bahwa review adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan sangat mungkin subyektif. Tidak ada unsur sponsor. Tidak perlu dijadikan patokan karena memang tidak harus.

Comments»

1. dhuwurs - October 6, 2011

wah helem mahal nih..

2. arantan - November 13, 2011

Pagi Esaf, gw punya yang Double D ring 🙂 baru tahu kalau yang baru model nge-click gini 🙂

andre455 - November 13, 2011

Pagi Bro Aranto, nubi jg baru tahu sewaktu di toko, soalnya N43 abang yg belum lama beli di Jakarta sebelumnya, msh pakai DD ring 🙂

Juragan Helm - December 30, 2011

Untuk Nolan N43 Air memang tersedia dalam 2 versi : Double D Ring & Microlock. Hal ini berdasarkan sertifikasi yg diperlukan di tiap negara yg berbeda2.
Misalnya di Singapore dan USA harus pake Double D Ring. Di Eropa boleh pake quick release buckle dan microlock. THanks

3. andre455 - January 30, 2012

@juragan helm, eng anu gan… nosvelos ada 2 helm 43 yg dibeli dalam kesempatan berbeda, N43 yg pertama berkunci Double D Ring dan N43 yg kedua Microlock… dua2nya beli di Singapore…


Leave a comment