SOHC vs DOHC pada New Vixion dan CB150R December 9, 2012
Posted by andre455 in Otomotif.Tags: cb150r, DOHC, honda, new xixion, SOHC, yamaha
trackback
Kehadiran Yamaha New Vixion dan Honda CB150R sudah tinggal menghitung hari. Honda sudah jelas2 menabuh genderang perang untuk merebut mahkota di kelas motor sport 150 cc yang selama ini masih dipegang oleh Yamaha Vixion. Perang terbuka bahkan sudah dimulai jauh sebelum peluncuran resmi keduanya yang direncanakan medio Desember 2012, tepatnya di ajang Jakarta Motorcycle Show awal November 2012 yang lalu.
Kedua motor ini, mengusung spec mesin yang sama sekali berbeda sekalipun mengusung kubikasi yang sama , 150 cc. Honda mengusung teknologi DOHC 4 klep pada CB150R berbanding dengan teknologi SOHC 4 klep pada New Vixion. Lalu berdasarkan perbedaan teknologi tadi, bagaimana karakter masing2 mesin? Pastinya ada perbedaan yang menentukan kelebihan dan kekurangan masing2 mesin.Dengan menggunakan noken as tunggal, tipikal mesin Vixion adalah overstroke atau jug dikenal dengan under square atau langkah lebih panjang dari diameter piston (bore x stroke Vixion 57 x 58,7 mm). Mesin ini punya karakter yang responsif di putaran bawah dan lebih cepat mencapai power tertinggi.
Pada CB150R dengan menggunakan dua noken as, maka tipikal mesin CB150R adalah overbore, dikenal juga dengan over square dimana diameter piston lebih besar dari panjang langkah (bore x stroke CB150R 63,5 x 47,3 mm). Jika masing2 noken as melayani sepasang klep untuk intake dan exhaust maka ‘beban’ mesin CB150R lebih berat. Mesin seperti ini mempunyai karakter ‘napas panjang’, tenaga lebih tinggi bisa didapatkan pada RPM yang lebih tinggi.
Besaran keluaran power pada kedua motor tersebut juga relatif jauh berbeda, CB150R dengan DOHC, memiliki keluaran 17.51 dk dan Vixion dengan SOHC dengan power tertinggi pada 14,88 dk. Menurut Tomy Huang, juragan BRT Cibinong, “Jumlah klep menentukan power motor. Jadi dengan sama2 4 klep, maka dua produk tersebut bisa sebanding.”
Ulasan diatas hanya memuat analisa yg murni berdasarkan spec mesin yang berbeda khususnya DOHC dan SOHC. Untuk performa keseluruhan ada banyak faktor2 lain yang mempengaruhi dan berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan masing2 produk.
Sumber:
- Tabloid Otomotif edisi 32:XXII 6 – 12 Desember 2012.
- http://tractors.wikia.com/wiki/Camshaft
jadi pilih yang mana?
sohc aja deh dah cukup..( mungkin biaya perawatan lbh murah)..hehe
tinggal pricing strategi yg berbicara..dan perang mindset..
nitip masbro..
Ane msh jagoin new vixi
DOHC = mesin kompresi tinggi harus pertamax, boros, biaya part mahal
SOHC = mesin kompresi tidak terlalu tinggi, bisa premium, irit, biaya part lbih murah
ITU SDH KODRAT BRO BUAT KEDUANYA 🙂
setuju bro,,,
gwe bukan fans boy buta. mengakui dengan jujur bahwa dohc apalagi 6 speed lebih memberi nilai lebih. apalagi yang doyan jarak jauh.ga kuatir motor digeber pada rpm tinggi yang tentunya kelebihan dari dohc. menggunakan sohc udah bosen apalagi yang cuma 5 speed. rasa rasa mx gitu.
anggapan orang bahwa mesin dohc galak putaran atasnya, sedang sohc menang torsi tidak sepenuhnya benar. mau galak diputaran atas atau bawah, tergantung maunya sang desainer, nggak ada hubungannya sama jumlah cam.
sohc kalo kalo overbore juga galak di putaran atas, contohnya……apa ya ? bingung
dohc kalo over stroke juga bakal unggul di torsi bawah, contohnya HD V-rod itu dohc kan ?
sohc overbore tapi galak tarikannya ya scorpio, colek dikit langsung wusssssss.
dphc yg gak bisa lari kenceng ya special engine, alais motor trail kan ada tuh yg dohc, tapi diseting torsi gede (cmiiw)
sekedar info tambahan ttg ‘nafas panjang’ pada CB150R, fresh dari om kompas…
http://otomotif.kompas.com/read/2012/12/13/5817/Honda.CB150R.StreetFire.Punya.Nafas.Panjang
vixion tu dah terbukti mesin bandel, irit n gak rewel, tapi pengen juga nyoba sesuatu yang baru maen DOHC
yg terbukti mesin bandel, irit n gak rewel honda dri dlu jg bro,,
wih banter ki CB150R gag kalah karo CB lawas..kwkwkwkw
kliatannya honda akan meneteskan air matanya.
new Vixion ttp no wahid
wahid dengkulmu kui,.anak kecil berlagu lo vixion SOCH aja bangga loo
Mungkin wahid untuk penjualan nya bro.. dan itu bener.. lumayan jauh bro beda nya… tp kl ente ngerendahin SOHC.. keliatan kurang pinter ente bro G4UL.. 😀 wong di mobil2 honda aja yang dibawah 3000cc kebanyakan SOHC.. dan banyak jd juara tuh. pinter dikit yah lain kali.. dewasa lebih cepat ngga salah… 😛 dan ternyata power diatas dyno lebih tinggi vixi.. jd SOHC apa DOHC diantara cb sm vixi lebih superior SOHC. itu tinggal masalah design dan pinter2 nya teknisi masing2.. jd belum tentu DOHC pasti menang dan dibangga2in 🙂
Yang punya new vixion . boleh tuh gue tantang dengan cb150ane .. biar gak cuma punya mulut cewek yg cuma bisa coment ..
ane tunggu di 089624443330 ..
masalah jalan gak usah hawatir .. di akses tol suramdu area bangkalan .. tack lurus sejauh 19Km …
Ealah ente mau turing apa mau balapan? dimana2 400m udah cukup kl track lurus.. ga usah 19KM.. wkwk
Udah kebukti brot, vixion ane selalu keok lawan CB,,,,itulah alasanya ane tukar tambah vixion ane ama SF,,,ternyata memang ajiiiiiiipppp…
Ojo lali pake helem
Yoi bro gue stuju bahwa CB150R Emang no “wahid (1)” bro.
ynk sdh trlnjur bli V-IKION jngan sdh entar klau pnya “REZEKI PLUS” bisa bli CB150R ok bro…….!
Seperti mottonya……..Yamaha semakin ketinggalan!!!
lok tanding antara V-VIXION MA CB……jelas gue dukung CB pasti menang
Moto nya gk salah mas bro yamaha semakin didepan,,honya nyampe. Duluan haha
betul tu bro….
cb 150 r emang mantab……
vixion gak bisa ngikutin….:D
Dua merk dengan dua engine berbeda engineering pasti memiliki karakteristik yang berbeda.
Mungkin kita bisa lebih bijak dalam menanggapi perbedaan yang ada. Tidak perlu adu argumen masalah kcepatan dan tenaga motor yg berujung pada perpecahan di bangsa sndiri.
Toh kecepatan&tenaga tidak bakal digunakan maximal setiap waktu naik motor. Jadi, ngapain harus ribut2??
Setiap orang punya taste, kebiasaan dan kesukaan masing2. baik itu masalah tampilan, tenaga, kecepatan, dll.
tinggal kita memilih sesuai kesukaan, kegemaran dan kemampuan kita masing2.
Salam damai dari GLKing
Setuju bro.. mungkin ente udah dewasa.. yg fanboy2 ini ga ada kerjaan nun labil.. tp emang harus di didik. biar ngga malu2in sm yg nyiptain. jgn patah semangat bro 😀
HEHEHE………satu hati,,,satu rasa,,satu jiwa !!!!!!!!
apapun motornya yang penting PISS
Pake sepeda aja sono
kalo loe pada disuruh milih, antara new vixion dan cb 150r… loe lebih milih mana?
Dari harga z uda ktauan mna yg lbih unggul….. Harga gk bsa boog bro!!
Ane plih cb150r lbih brani dgn msin dohcx… Itu bru mtor laki…he
Harga lebih maha vixion om 😀 jd yg boong siapa? CB 22,4 Vixi 22,2 & 22,6 (Ks)
harga CB150R dah jelas NAIK .. kemaren ane baru beli harganya dah Rp.22.520.000..
vixi msh harga lawas
jelas HONDA CB150R yg paling unggul,….
yg punya vixion new awas ketukar sm byson.hahaha
soal’a mirip tu.
Nah ini.. kurang ilmu tp PD.. paling ngga ada PD nya bagus… hehe.. ngga usah dikomentari lah soal kesukaan model yg orang suka bro. ga ada abisnya.. nnt orang bilang cb kyk megapro lawas modif lampu depan kan bisa aja,, manusia diciptakan dgn cipta rasa karya karsa yg beda2.. ngga usah bilang model yg ente suka yg terbaik..
ealah ini yg udah terlanjur komen2 fanboy honda ternyata cuma menang diatas kertas.. di atas dyno aja powernya lebih tinggi new vixi.. si bos BRT bandingin sm vixi lama kali itu power nya.. jd ya terang kalah.. Udah gitu berat isi motor nya juga beda 15Kg an.. jd power to weight ratio nya tambah kalah lg.. dan lagian DOHC nya beda sama Dohc CBR.. si CB ini mau ngejar torsi jg.. makanya faktanya tarikan bawah lebi enak CB dibading CBR… tp untuk atas nya masih loyo.. dan diasil silinder sama forged piston yamaha jgn dilupain.. harga nya aja bisa berkali2 lipat dibanding piston biasa.. jd kl mau nge fans yg luas pandangan nya bro. jgn terlalu brand minded lah.. yg diuntungin perusahaannya kok ngoyo2 unjuk gigi pdahal kenal sampeyan juga ngga perusahaannya. beli motor ya dinikmati aja.. kl udah beli salah satu nya dinikmati aja ga usah dinilai2. jd panjang gini tulisan ane… Wkwkwk
omongan bosookk rajo maho…
cb150r body nya mirip sm vixion lama…mau nyari keberuntungan dr vixi kali ya…penjualannya sukses soalnya…stelah cb150r dan new vixi diluncurkan…kyknya new vixi yg pling byk gue liat di jalanan…brarti new vixi mmg lbh oke drpd cb150r…
jls lah vixi yg bnyak d’jln , cb inden’na lama bro gk semudah u dptin karna cb kusus untuk orang2 sabar menunggu heheheh , kya w nunggu terlalu lama dan akhir’na dapet jga , w akui kecepatan cb gk ada yg bisa ngejar untuk cc150 ..ane gk nyesel bro ..
kalau aku jelas lebih doyan make vixi..cuma satu aja yang rasanya kurang sreg.kalau jalan malam ne dia si raja CB150R yang memiliki cahaya lampu yang terang dengan bohlam 55 Watt. coba aja vixi punya multi reflektor kayak CB,mungkin gak masalah dengan yang lainnya..
guew dh syukur ko pny vixi lama, enak buat kerja harian…tp fakta penjaualn mpe maret vixi lbh unggul bhkn 2x lipat. vixi lama jg msh trjual 9rbuan pr bln
gua pilih yg banyak dipakai aja…
percuma kalian adu argument, adu power.
coba deh kalian semua kalo touring ke daerah pgunungan / desa”.
gitu. coba kalian nongkrong bentar ato gak, lewat pasar di daerah tersebut kalo semisal kalian liat motor cb 150 ato new vixi sambil bawa ronjotan (kira” mangkel gak liat motor kesayangan kalian di buat ronjotan seperti itu. trus bandingin deh banyakan mana antara cb150 sama new vixi) kalo banyak cb150/ new vixi ya jangan sok. yang merasa puny cb 150/ new vixi ber bangga lah karna mereka juga pnya ato bisa dibilang se class sama kamu (hanya sebatas SEPEDA MOTOR RONJOTAN).
WKWKKKWKW
dari dulu Vespa udah 150 cc, anak “jepang” baru dateng udah heboh aja, norak deh…
Kalo mslah teknologi,ky’a yamaha yg unggul,tp kalo msalah speed berfariasi,yamaha mmliki nilai lebih pda tarikan n cpat mncpai power trtinggi,tp power ny sprti trtahan saat mncpai top speed,sdngkan honda tarikan bwahny kurang mantap,mncapai power trtingginy susah,tp mslah top speed honda jauh mengungguli yamaha,,,bgtu setauq
Cb150r tep2 mantab larinya blh di adu ama new vixi
keduanya boleh di adu sma nija r ga…????
Ninja??? Pret lah ngabisin bensin doanx
ribut…ribut…kelebihan n’ kekurangan tu motor….kasihan ma yg mo beli…..dah aja punya uang beli yg lu mau….gitu aja repottttt…..hahahahaha…….
gombez, semua udah pernah di asepin pulsar 135.. ampun2 tuh motor , karna pulsar 135 double busi double tenaga…
Jadi pilihlah suzuki fu 150 DOHC
vixion punya 5 transmisi aja udah bisa nyaingin honda cb150r yang punya 6 transmisi pake mesin doch lagi tuh honda. apa lagi klau mas vixion pake mesin dock ketinggalan x itu pak DE cb150r wkwkwkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
yg penting punya motor dirawat mah kao ane biar umurnya panjang. ane ada cibi ada cb150, perlakuan juga sama dirawatnya.
aku punya v-ixion piston tambhan 1 kecil punya mio, gear 6 topspeed’a 180 km/j kn mesinnya soch bisa dong di putaran atas sama di bawah.
Alah m revo aja gk ngaer gtu prett lah
Sudah sudah jangan berteman,,,
yang punya CB150R Mah gak punya malu, barang tiruan aja di bangga”in,,,,,, liat tuh body mirip vixi old,…….
Artinya gc kreatif beud,…….
Yang punya vixi juga jangan bergede hati,,,,..
Gue punya new vixi gak sombong kok,.
Yang penting tuh motor di rawat yang teratur…
Nb: klo naik motor kenceng”, kayak di kejar malaikat izroil aja,..
Hahahahahhaha
gitu aja di ributin,,,, ckckckck
banyak anak bayi yg ngocehin mainan di sini rupanya,, dewasa sedikitlah ah,, yg penting pke motor untuk mendukun ktifitas, bukn untuk di adu2,, kalo cb150 ato nvl da yang lebih baik toh gk bakaln bikin qt kaya,, gak bkalan bikin qt jd kayak mrquez dn rossi,,
pada begok kalian smw,,
Aku sih bukan anak motor dan ngerti mesin…
Dulu sempat mau beli satria FU, tapi kalo dipake perjalanan jauh gak nyaman ternyata..
Mau ambil CB150R, tapi mikir2 karna motor bodynya..
Akhirnya beli new vixion, emang sih kalah speed dari 2 motor diatas…
Tapi lebih nyaman dan bodynya lebih keren, apalagi udah pakek ban lebar. Jadi anteng bawaannya..
Jadi menurutku yang terpenting itu kenyamanan, soalnya kalo punya motor high speed di Indonesia itu banyak kendalanya. Jalan macet, aspal banyak bolong, pengendara lain suka nylonong. Jadi potensi banget kecelakaan kalo naik motor kecepatan tinggi. Mungkin Harusnya tiap kabupaten punya sirkuit resmi, biar gak kebut2an di jalan…
Itu aja sih pendapatku..
🙂
gua pake rx king aja………yg lain pasti pda kena aseeepp gua dahhhh…motor bagus tu yg berasep…pasti ada apinya
Sudah pada ribut semua. ..! gak ada hbis nya Cb150r ama New Vixion , mesti nya kalian da mikir kpan negara kita punya merek motor bwatn Indonesia yg didukung bukn milik negara lain lho dukung , salam NKRI harga mati…..***
makin mantap aja vixion nya… kapan ya gua punya motor vixion
Modifikasi Motor
Pakai vespa butut aja anti maling vixion ma cb150r suka di lirik maling