jump to navigation

Quo Vadis Suzuki? February 10, 2014

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , ,
trackback

Dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) tahun 2013 diperoleh data total penjualan Suzuki Indonesia sebesar 393.803 dengan perincian sbb:

Suzuki2013salesTerlihat bahwa tren penjualan Suzuki cenderung turun secara signifikan, jika pada bulan Juni 2013 Suzuki masih mampu meraih penjualan total sebesar 45.320 unit maka pada Desember 2013 mereka hanya mampu meraih angka 19.390. Seperti biasa Satria FU masih menjadi tulang punggung Suzuki dengan menyumbang sekitar 60% dari total sales, disusul oleh varian skuter matik yang  menyumbang sekitar 33%. “Sisanya sport,” cetus Yohan Yahya, Dept Head Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales. Please note, sisanya “hanya” plus minus 7%! Lantas varian bebeknya kebagian berapa? Gak berani tanya deh.

Sekedar gambaran, Yamaha Indonesia mampu melampui angka total penjualan Suzuki hanya dengan mengandalkan satu type motornya! Data lengkapnya silahkan cek disini.

Apakah Suzuki perlu prihatin? Tergantung kepada mereka, apakah mereka cukup puas? Satria FU yang menjadi andalan mereka bisa melenggang karena praktis belum ada kompetitor di kelas yang sama. Bagaimana jadinya jika Yamaha dan Honda memutuskan untuk masuk ke kelas ini? Sebaiknya Suzuki mulai menyusun strategi baru sejak sekarang. Dan hal ini sepertinya diamini oleh Suzuki sendiri, seperti dikatakan oleh om Yohan “…market terbesar adalah matik, sementara kita kurang fokus. Jadi semestinya kita fokus dengan market terbesar,” katanya. Bagus sih dan belum terlambat, tapi kenapa cuma matik? Kue motor sport batangan juga menggiurkan lho… #kode #wakeup

Sumber: http://oto.detik.com

Comments»

1. jasa desain company profile profesional - February 10, 2014

wah.. motor pertama saya smash padahal.. semoga naik lg penjualan suzuki.

2. st3v4nt - February 10, 2014

Ya gimana gak kecil Suzuki punya skywave/hayate bukannya dimaksimalkan malah di biarkan saja seadanya….ya kita tunggu aja Skywave 150 atau 200cc masuk sini kalau bener2 mau serius di matic….tapi kayanya susah lah ngelawan Honda….

3. hulssay - February 12, 2014

Leave a comment