jump to navigation

KTM Indonesia, calon kisah gagal? March 9, 2014

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags:
trackback

Hiruk pikuk KTM Duke 200 dengan desain dan spec yang dipuji setinggi langit menjelang masuknya ke Indonesia sekarang nyaris tinggal cerita saja. Bermula dari harga jual OTR yang relatif gak masuk akal untuk motor rakitan India, sekalipun didukung nama besar KTM Austria. Indikasi overprice terendus mulai dari harga jual KTM Duke 200 di India yang “hanya” sekitar 20 jutaan dan harga kembarannya, Bajaj Pulsar 200NS yang sekarang dipasarkan oleh KMI, juga di rentang harga 20 jutaan. Alhasil value motor ini semakin terkikis di mata penggemar roda dua tanah air, yang punya dana berlebih sekalipun.

Kisah gagal ini berlanjut kembali, dimulai dari tidak tersedianya komponen motor dan layanan aftersales yang tidak memuaskan. Keluhan tambahan antara lain, service gratis 2 tahun atau 10.000 km yang dinyatakan tidak berlaku lagi, komponen yang tidak ready stock, penutupan gerai service resmi, hingga lambannya respon permintaan komponen ke Austria.

Atas semua masalah ini APM KTM di Indonesia punya alasan. Berikut ini penjelasan boz Wahyu Nurman, Aftersales Manager PT Moto KTM Indonesia (MKI), “Ada hal yang harus dipahami. MKI tidak pernah memberikan layanan service gratis. Berikut penggantian komponen. Kalau ada komponen yang tidak ready stock, MKI butuh 3-4 hari untuk melakukan order ke Austria langsung. Sementara untuk keterbatasan jumlah dealer di Jakarta, ya kami memang butuh waktu.”

“Sementara service resmi untuk Indonesia memang ada sedikit perubahan. Di Balikpapan dealer service resmi kami sudah tutup. Itu sebenarnya kami alihkan ke Samarinda. Jadi pengguna Duke di daerah Kaltim bisa ke Samarinda. Itupun kami sediakan layanan antar jemput. Sementara di Surabaya mereka belum memiliki alat diagnosis, tapi unit service masih bisa ditangani di Malang,” lanjut boz Wahyu.

Beliau melanjutkan bahwa MKI bersedia menyiapkan semua komponen yang sempat tertunda. Paling tidak akhir Maret 2014 nanti, semua komponen khususnya yang banyak dikeluhkan sudah tersedia.

All this trouble dan padahal baru satu macam produk. Semoga cepat beres ya boz…!

Pustaka:

 

Comments»

1. SanjiSuke - March 9, 2014

Hikmahx: kalo ga niat mending ga usah deh…

2. hulssay - March 9, 2014
3. setia1heri - March 10, 2014
4. dandi - March 10, 2014

maklum bukan motor mainstreak kyk honda/yamaha…

5. zzzoph - March 10, 2014

iya masbro… kok bisa muahal bgt sih disini, duke 200 Rp 57jt, padahal di india di kisaran 1 lakhs++ (20 jetian) padahal ane napsir berat,..


Leave a comment