jump to navigation

Transformasi Honda Tiger – upgrade mesin October 30, 2014

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: ,
trackback

Tulisan sebelumnya. Gak lama setelah Tiger 2004 ini mampir di garasi nosvelos, motor ini segera dijadwalkan masuk bengkel untuk sedikit upgrade di bagian mesin. Untuk urusan ini relatif tidak ada kesulitan baik teknis maupun spare parts untuk motor Honda Tiger yang sudah malang melintang di tanah air sejak tahun 1993. Pilihannya relatif beragam, mulai dari parts ori sampai parts alternatif. Bahkan untuk satu parts saja misalnya piston, ada lebih dari satu pilihan. Bengkel yang bisa menangani urusan mesin Tiger juga bejibun, dari yang resmi, spesialis sampai yang umum.

20 Okt 2012, ditangani langsung oleh om Wagimin/Mandiri Motor yang kelihatannya sangat familiar dengan mesin ini, gak lama kemudian seluruh blok mesin Tiger sudah diturunkan.

tiger-20121020_P1

Lanjut, ini salah satu temuan setelah bongkar block head

TigerP2

Part piston ini termasuk yang diupgrade dengan bore size yang sedikit lebih besar (bore up) dari ukuran standar, memakai piston kit keluaran NPP. Selanjutnya nubi gak ingat apa saja parts yang diganti, yg jelas cukup banyak dan cukup menguras celengan, namun hasil akhirnya cukup memuaskan dengan performa mesin yang terasa lebih fresh, padahal nubi hitung-hitung, kenaikannya tidak seberapa besar, hanya plus sekitar 10 cc aja. Setelahnya Tiger ini ternyata malah perlu menjalani masa breaking in/inreyen untuk penyesuaian jeroan barunya, walah.

Urusan mesin sudah beres, Tiger ini kembali masuk garasi dulu. Berikutnya motor ini akan mulai bedah rangka.

 

Comments»

1. leoparddelonge - November 1, 2014

brand piston NPP kurang bagus bro,kurang tahan pas,,
alhasil nanti setelah panas pasti kompresi jadi turun,,
(pengalaman pribadi)

andre455 - November 1, 2014

Sejauh ini tiger tua sdh jalan >4000 km dgn piston baru, kebanyakan dalkot, blm ada masalah, tp trm ksh banyak infonya, akan nubi perhatikan. Salam,

2. smartfaiz - November 1, 2014

Mantab… kabel2nya jug perlu diurut tuh… motor tua kadang suka bermasalah kelistrikannya. Cek kabel dari spul ke kiprok biasanya rawan panas berlebih dan terkelupas hingga menyebabkan korslet

andre455 - November 1, 2014

Betul banget om, termasuk dalam list perbaikan, next posting ya. Trm ksh infonya. Salam,


Leave a comment